Kamis, 12 September 2019

MENGENAL INTERIOR KAPAL


ASSALAMUALAIKUM WR.WB
Pengertian Interior
          Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata ' Interior ' , pasti dipikiran kita ketika mendengar kata ' Interior ' langsung membayangkan bentuk ' Ruangan '. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kata " INTERIOR " dan pengertian "INTERIOR KAPAL" dan perbedaannya dengan interior pada bangunan , rumah, dan lain-lain.


               Kata ' Interior ' memiliki arti bagian dalam gedung , ruangan , bangunan, kapal, pesawat, dan lain sebagainya ; tatanan perabot / furniture yang ada didalam ruangan (hiasan pada ruangan dan sebagainya). Interior juga sering kali diartikan sebagai komponen tambahan/hiasan yang bisa menambah nilai estetika pada ruangan itu sendiri. Interior yang digunakan biasanya berhubungan dengan perabot atau furniture , penataan ruangan dan perabotnya, pemilihan cat / wallpaper yang digunakan pada ruangan,dan lain-lain yang berhubungan dengan bagian dalam ruangan. 


Namun kita kali ini akan membahas dan mengupas apa itu ‘Interior kapal’ agar kita sama-sama tau dan mengenal sebuah kata yang mungkin jarang kita dengar. Interior pada kapal tentunya sangat berbeda dengan interior yang ada pada ruangan di gedung, rumah, apartement atau bangunan lainnya. Hal yang berbeda bisa dari bentuk perabotnya, bentuk ruangannya, cara pemasangan perabot pada ruangan, konstruksi dinding, dan lain-lain. Sedikit saya beri penjabaran tentang hal-hal yang berbeda dari Interior Kapal dengan Interior rumah, bangunan, dan lain-lain.      
              Salah satu hal yang berbeda adalah , Bentuk Perabot atau Furniturenya. Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan ketika melakukan kegiatan praktek disekolah dan pengalaman saat OJT(On The Job Trainning) untuk mendesain ruangan beserta furniturenya dengan pacuan bentuk ruangan pada  simulator kapal yang dimiliki oleh SMKN 3 Buduran, jurusan Interior Kapal. Perabot yang dibuat harus mengikuti bentuk gading/lambung kapal pada simulator kapal tersebut. 

Gb.  Desain tempat tidur untuk simulator kapal

Perhatikan dan amati bagian tangga pada tempat tidurnya seperti agak condong  ke dalam.Yaitu menandakan penempatan perabot tempat tidurnya menyesuaikan gading dan lambung kapal  

Gb. Desain ruang ganti untuk simulator kapal

Perhatikan dan amati meskipun ruangnya sempit kita harus bisa meminimalis dan harus berfikir bagaimana caranya kita mengatur perabot meskipun rungannya kecil dan sempit namun keliatan enak dipandang dan nyaman,tapi perabotnya fungsional.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa bila ruangan pada kapal berada tepat di posisi gading/lambung kapal, semua perabot dibuat mengikuti bentuk gading/lambung kapal ketika meletakkan perabot tersebut. Hal ini bisa tidak terjadi, bila pada bagian sebelum lengkungan lambung tersebut diberi sekat sebagai pembatas. Sehingga dinding kapal tidak mengikuti bentuk lambung melainkan sekat itu sendiri. Saat membuat perabot sekaligus meletakkan perabot hanya mengikuti bentuk dinding yang dibuat dari sekat tersebut.
Sekian untuk materi yang dapat saya tulis dan sampaikan, mohon maaf bila masih banyak kekurangannya.
WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB
   


12 komentar:

  1. Sudah bagus, lebih bagus lagi jika materinya diperbanyak

    BalasHapus
  2. untuk mendesain simulator kapal ruang abk nya menggunakan software apa kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk softwarenya kami menggunakan software skethcup 2019 pro

      Hapus
    2. untuk menginstal software sketchup nya menggunakan spek komputer seperti apa kak ?

      Hapus
    3. membutuhkan Komputer yang memiliki 1 GHz processor/2.1 GHz Intel Processor, ram kurang lebih 2GB, dan ruang kosong kurang lebih sebanyak 700mb

      Hapus
  3. apakah kontruksi dipan seperti desain anda benar-benar kuat?
    karena yang terlihat oleh saya dipan tersebut bertumpu pada triplek pada dinding samping kanan kirinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sangat kuat,karna dibawah konstruksi dipan ada kayu yang bertujuan untuk menguatkan konstruksinya

      Hapus
  4. Untuk ketebalan kasur berapa ya kak?

    BalasHapus